Minggu, 01 Juli 2012

Tubing di Goa Pindul dan Sungai Oyo Wonosari,Gunung Kidul, Yogyakarta

Satu lagi,,Keindahan alam negeri ini yang melambangkan keagungan Sang Penciptanya

"Goa Pindul dan Sungai Oyo"

Salam Matahari......!!!

Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Memang terhampar di susunan batuan Karts (kapur) sehingga menyimpan sejuta pesona alam,,Sungai - sungainya jika musim kemarau berwarna kehijauan, banyaknya gua-gua, tebing-tebing yg menjulang serta pantai karang yang mempesona.......

Dalam perjalanan diriku ke jogja kali ini,,sebenarnya tujuan wisata ini tidak masuk dalam rencana awal....Bahkan saya tidak mengetahui tempat ini sebelum sampai di jogja,,pada saat di jogja seorang teman yang kuliah di UGM bertutur " Udah pernah nonton iklan rokok d***** belum yg terbaru..?,,itu ada gua di jogja masuk jadi tempat suting,,gw rasa lo akan suka kesana surya,,,sempatkanlah..." lalu informasi dai mbak wulan (seorang mahasiswa UGM fakultas kehutanan klo g salah yg sedang melaksanakan tugas akhir di tempat mbah marijan) ketika ngobrol-ngorol disela-sela diriku mengisi kuisionernya dia berkata..... "Gunung kidul mempunyai gua - gua yang menarik untuk dikunjungi,saya rasa mas surya akan suka.....",, Berbekal info awal dr kedua orang tersebut saya mencari info lewat internet...... dan benar saja saya menemukan sebuah objek wisata terpadu..yaitu.. WIRA WISATA GOA PINDUL......Sekali lag....!!,,pas buka webnya foto orang barat terpampang disana.......!!!,,,,INI TIDAK BISA DIBIARKAN....!!!,,,,apa kata dunia,,orang barat aja udah sampe.....tp Surya Seftiawan Pratama belum pernah sekalipun kesana.......!!!,,,,benar - benar tidak bisa dibiarkan........Saya langsung ngobrol sama fajjar dan dia setuju serta aku suruh untuk mengajak 2 orang teman agar kita berlima untuk memenuhi kuota minimal........^_^

Akhirnya Minggu pagi saya, Fajjar dan Tian beserta 2 orang tmn fajjar mengarahkan mobil menuju Wonosari ibu kota kabupaten Gunung Kidul yang berjarak kira-kira 50 Km dr Jogjakarta......Setelah 2 jam perjalanan sampailah kami di alun-alun kota wonosari....

Menuju wonosari............


Akhirnya sampai juga di kota Wonosari......


Lokasi wisata ini berjarak kurang lebih 10 Km dari alun-alun Goa Pindul terletak di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.....untungnya ketika saya mengontak CP wirawisata,,orang mereka menunggu kami di dekat alun-alun.....Pelayanan Prima.....^_^

Dituntun oleh utusan dari WiraWisata Gua Pindul.........


Dan akhirnya sampai............!!!!!!

And let's start the joaurney........eiiitttt antri dulu...nunggu dipanggil.....^_^


Udah pake perlengkapan lengkap,,,,pertama 2 jalan dulu menuju start point....bersama dengan pemandunya......ehheheheh
Untung kamera gw tercinta Olympus TG 610 sudah ditangan,,,Water Proof 5M and Syokproof 1,5M,,,huahahahahha foto2 sepuasnya... (JUmawa,sombong,congkak mode on)^_^
Airnya yang hijau menyambut kita diawal penelusuran gua........^_^

Mulai memasuki mulut goa.......kedalam airnya disini menurut pemandunya berkisar 6-8 meter......

Gaya dulu......

Lalu sebelum memulai kita di brefing sm sang pemandu,,intinya kita harus jaga sikap dan sopan karena situs ini masih dianggap kramat/angker oleh penduduk sekitar....dan beberapa bulan sebelum kami kesini ada 2 orang penduduk yang meninggal tenggelan di kawasan ini,,,tepatnya di mulut gua sebelah luar sana di akhir treck pengarungan,,,,mrk adalah anak2 yang sedang bermain dan tenggelam krn tdk mahir berenang........beerrrrrrrrr sekut juga.......

Menurut abang pemandu gua ini dibagi 3 bagian zona terang.zona remang dan zona gelap abadi........dan di gua ini terdapat stalakmit terbesar ke 4 dunia....dengan panjang 10 meter diameter 4 meter (klo gw g salah) diberi nama soko guru......Gua ini juga menjadi rumah bagi ribuan kelelawar jadi klo g mau buyar semua itu kelelawar g boleh berisik.....

Dan gua vertikal.....itu dia.......gua pindul yang terkenal itu.......^_^


Ini adalah garis tengah guanya..........di langit-langit ada ventilasi dimana diatasnya adalah rumah - rumah penduduk loh......


Ini namanya stalaktit kristal,,kristal yg dimaksud adalah endapan garam-garam mineral yang dibawa oleh air yang menetes ...........dan stalaktit ini masih tumbuh...jan dipegang2 atau dirusak ya..............perjalanan stalaktit ini masih panjang......


stalaktit yang besar dibelakang itu...Itulah "soko guru",,,stalaktit terbesar ke 4 dunia dengan panjang hampir 10 meter dan diameternya 4 meteran........ dan dibelakangnya ada beberapa buah stalaktit yang jika dipukul mengeluarkan beberapa nada-nada yang berbeda.....dan benar loh.....pas ku pukul......Subhanallah....!!! 



Ini dia klo gak salah batu gongnya.......yang bisa bunyi itu....hhehhehehhehe




Dan inilah penduduk asli gua pindul.......kelelawar - kelelawar kecil yang jumlahnya ribuan.......



Teman-teman....saudara...saudara............ini dia Gua Vertikal di kawasan Gua Pindul.......yg terkenal itu...yg udah masuk tipi........^_^


Ini foto punya teman disana......beuuuhhhh indah bukan....

Subhanallah................Indahnya.........apa lagi klo pagi.....semburat sinar mataharinya berwana keemasan dipantulkan oleh dinding batu karts berwarna putih kehijauan,,,,ajiiibbb.....!!!


Ayooooo kita loncat.....!!!,,bukan surya klo g loncat-loncatan......

Bluurrrr..........^^

Abis loncat gaya dulu dikit.......

Gaya lah di tempat shooting iklan itu.........ahhahahhahah
Keluarnya...berenang aja biar ademmmmmm...breeeeerrrrr.....


Sampe juga di mulut goa......ehhehehehheh

Pose dulu sebelum selesai.......


Terakhir memanjat dam agar bisa melanjutkan perjalanan.....

Ini keindahan Gua Pindul klo fotonya pake di edit ....^_^ (mantabskan....hehehehhehe)


Selesai pengarungan Gua Pindulnya.....tapi belum beres penjelajahan hari ini...karena masih ada Sungai Oyo....

Oyo River


        Masih di kawasan desa Bejiharjo,,terdapat sebuah sungai yang membelah kawasan batuan karts sehingga menghasilkan aliran sungai berwarna hijau toska dan relief dindin batu kapur yang mempesona,,,,ia adalah sungai Oyo.............

Petualangannya dimulai dengan berjalan telanjang kaki ditengah terik matahari dan menggendong tube atau ban..,,kami kita dekat ternyata jauuhhh,,,,udah mana panas,,kapalan ini kaki...ckckkckck...tp harus di jalani dgn asik...hehehhe

Lewat pematang sawah di tengah hari bolong.....
NGaso dulu dah di saung tengah sawah....^_^

Akhirnya mulailah pengarungan sungai Oyo.............


Pengarungan dimulai...............Sungai oya dengan gugusan batu kapurnya....


Pemandunya-pun ikut senang.....hahahhahahaha 





Akhirnya sampai di check point satu,,,dimana ada tempat jumpingnya....ahahahhahahahha...jump is my hoby........ada air terjunnya juga,,buehhh....ajib,,,,,


Ada jembatannnn,,,hohohooohoho....
LONCATLAH..........!!!,,ayo kita loncat......Bukan Surya klo g loncat di tempat2 yg bisa loncat...hohooohoho
I love jumping......!!!

Jump..............!!!
hohoohohoohoho.......


Ini dia Platform loncat yang terkenal di sungai Oyo ini........ (15 meter)
Surya.......Mari kita loncat lg...ehhehehheheh

LONCAT LAGI..............ohohoohohohoohoh

HAP....loncat...!!!! ( 15 meter loh ini,,,ehhehehhe)


Luar biasa saudara-saudara,,,sensasi adrenalinnya.....ehhehehehhe
Paradiso....................................
Fajar g ada kerjaan......
Istirahat dulu abis loncat-loncatan.....ehehhehehehhe

Menyambung lagi,,,tinggal dikit lagi....tp gaya dulu.....


Selasailah sudah pengarungan sungai Oyo.........Ajibbbblah pokoknya....

Diangkut pake mobil bak ke sekertariat....



Di sekertariat kami sambil beristirahat disuguhi wedang jahe hangat dan pagelaran karawitan Ibu-ibu dan bapak-bapak desa Bejiharjo...........Kreatif banget.....Ini namanya pemberdayaan masyarakat ekonomi kreatif....


Foto dulu sebelum mandi dan ganti baju...ehhehehhehe


Teman-teman....itulah satu lagi kekayaan alam negeri kita ini......ayo kita jelajahi dan lestarikan.....
Kalau bukan kita siapa lagi..........

Wirawisata Gua Pindul dan Oyo River....
Ajibbb dan Mantap kali....!!!!

Ayoooo kita kasana bersama kawan............^_^







2 komentar: