Senin, 02 Juli 2012

Pantai Siung

Pantai Yang Sangat Terkenal Dikalangan Para Pemanjat Tebing


Pantai Siung

"Jangan Ingatkan Aku Untuk Pulang"


Salam Matahari.............!!!
Ini pantai kedua,,yang aku kunjungi dalam expedisi pantai selatan Kabupaten Gunung Kidul,,Inilah pantai yang banyak dikagumi para pemanjat tebing dari dalam maupun luar negeri....Sekali lagi tempat-tempat seperti ini sudah mempunyai nama di mancanegara apa lagi di telinga para pemanjat tebingnya.

Pantai siung terletak diwilayah terpencil Kabupaten Gunung Kidul....Di sebelah selatan kecamatan Tepus. Sama seperti pantai - pantai tersembunyi di gunung kidul lainnya.....aku sangat menyarankan untuk mengunjungi pantai ini dengan kendaraan pribadi,,karena akan sangat sulit jika menggunakan kendaraan umum.....Kendaraan dari Wonosari ke arah Tepus harus ditunggu hingga berjam-jam lamanya dan itu akan sangat merepotkan dan menyusahkan.

Pesona pantai ini hadir dari batu karang yang besar dan menjulang di tepi sebelah barat dan timurnya,,,Sangat indah melihat ombak - ombak pecah menghantam karang - karang tersebut. Nama pantai inipun diambil dari bentuk karang yang berposisi agak menjorok kelaut yang berbentuk gigi kera (siung wanara) adalah asal usul nama pantai ini......Apa lagi jika malam tiba terkadang kera ekor panjang yg berada di hutan diatas karang dan tebing itu turun kepantai, menambah keexotisan pantai ini.

Kelebihan kontur tebing yang berada di sisi barat dan timur pantai ini, memiliki 250 jalur pemanjatan. Anehnya yang memulai pemanfaatan untuk olahraga panjat tebing pertama kali adalah grup pecinta alam dari negara Mata hari terbit alias Jepang...(sekali lagi broooo,,orang barat lebih dulu datang sebelum kita datang)..ckckckkckck...

Pada tahun 1990 tebing pantai Siung dijadikan tempat ajang kompetisi Asian Climbing. Pantai terpencil yang juga memiliki Camp Ground ini ternyata namanya telah tersohor di Asia..!

Penasaran...??!,,datang,rasakan,lihat dan buktikan keindahan Maha karya Sang Pencipta..Pantai Siung beserta tebing-tebingnya......!!!

Lautnya yg biru,,diapit oleh tebing-tebing megah dan karang yg indah,,membuat pantai ini eksotis.....


Inilah karang yg menyerupai gigi kera itu (siung wanara)

Gugusan karang memecah ombak besar laut selatan,,membuat pantai ini aman dinikmati dari dekat..
(tidak untuk berenang ya)



Ahhhh,,jangan ingatkan aku untuk pulang........







Pantai Siung.............
"Jangan Ingatkan Aku Untuk Pulang"











1 komentar: